Stopacneoutbreaks – DLH Jabar RGO303 pastikan TPA Sarimukti tolak sampah tercampur tahun 2024

Stopacneoutbreaks – Dinas Lingkungan RTP RGO303 Hidup (DLH) Jawa Barat memastikan Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat, menolak sampah dari kawasan Bandung Raya yang tercampur antara organik dan anorganik mulai awal tahun 2024 mendatang.

“Kabupaten/kota sudah tidak boleh buang sampah organik. Mulai 1 Januari 2024, kalau masih masuk (Sarimukti) kita suruh balik truknya,” kata Kepala DLH Jabar Prima Mayaningtyas dikonfirmasi di Bandung, Senin.

Saat ini, kata Prima, pihaknya memberlakukan masa transisi sebagai persiapan kebijakan penolakan jenis sampah organik masuk ke Sarimukti yang kini memang sudah tidak memungkinkan, pascakebakaran di TPA Sarimukti beberapa waktu lalu.

Karenanya dia sangat berharap kerja sama dari seluruh pihak, baik pemerintah daerah di kawasan Bandung Raya, serta masyarakat, untuk bersama-sama mengurangi dan memilah sampah agar TPAS Sarimukti dapat terus digunakan hingga TPPAS Regional Legok Nangka bisa beroperasi maksimal.

“Maka kita harap supaya bisa mempertahankan masa RGO303 DEPOSIT 10K darurat ini (untuk mengurangi volume sampah dan membiasakan memilah sampah),” tuturnya.

Pemilahan itu, kata Prima, harus dilakukan karena dari hari ke hari kapasitas TPA Sarimukti semakin terbatas hingga harus dilakukan pembuangan dengan sistem kuota bagi seluruh daerah di Bandung Raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *