Stopacneoutbreaks – Kemenkumham DIY tekankan LGO4D kolaborasi KI untuk pengembangan pariwisata

Stopacneoutbreaks – Kepala Kantor login lgo4d Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta Agung Rektono Seto menekankan pentingnya kolaborasi kekayaan intelektual (KI) untuk pengembangan daya tarik wisata.

“Saat ini pengembangan daya tarik wisata suatu tempat tidak bisa bergantung pada kekayaan alam saja, namun juga berkolaborasi dengan kekayaan intelektual,” ujar Agung Rektono Seto dalam keterangannya di Yogyakarta, Selasa.

gung mengatakan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai destinasi wisata nasional dan mancanegara telah menerapkan kolaborasi sektor wisata dengan kekayaan intelektual.

Kolaborasi itu terlihat dari sejumlah aspek kebijakan yang mengatur produk merek dan indikasi geografis terdaftar di beberapa spot wisata.

Kanwil Kemenkumham DIY, ujar Agung, telah membentuk tim yang bertugas mempelajari dan mengidentifikasi kandidat Kawasan Karya Cipta (KKC) yang ada di DIY.

Agung menjelaskan KKC adalah suatu tempat yang memiliki kreasi atau karya cipta yang bersifat tradisional maupun kontemporer dan menjadi identitas suatu wilayah serta dilakukan upaya pelestarian yang berpotensi mendukung pertumbuhan ekonomi.

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan 33 Kantor Wilayah Kemenkumham, menurut dia, sedang menyiapkan KKC di seluruh Indonesia yang akan dicanangkan pada 2024.

Manfaat yang akan didapatkan apabila suatu wilayah dicanangkan sebagai KKC adalah sertifikasi terhadap para pelaku industri kreatif setelah mendapatkan pelatihan yang berkaitan dengan aspek hukum pada karya cipta.

Selain itu, terdapat promosi KKC ke lembaga-lembaga terkait sebagai wilayah yang mengembangkan karya cipta berkualitas dan memiliki nilai jual sehingga lgo4d casino melahirkan wirausaha berbasis pemberdayaan kekayaan intelektual.

Menurut dia, pemangku kepentingan pariwisata perlu memahami terkait nilai komersial dari kekayaan intelektual yang dihasilkan destinasi wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *